Kamis, 18 November 2010

Home made RC Boat (2)

Setelah rangka siap dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat body, body dibuat dari fiberglass, untuk itu perlu disediakan bahan bahannya,
  • Kain tipis, untuk dasar body. dasar ini diperlukan untuk sebagai body awal yang nantinya akan dilapisi dengan bahan fiberglass. Body awal ini digunakan untuk RC Boat karena dalam pembuatannya tidak melalui tahap pembuatan cetakan. apabila menggunakan cetakan body RC Boat., maka penggunaan kain sebagai bodi awal ini tidak diperlukan. sedangkan pembuatan cetakan sendiri memakan waktu dan biaya, untuk itu dalam pembuatan RC boat ini body dibuat langsung tanpa proses pembuatan cetakan. 

Pelapisan body dengan kain

  • Resin Polymer and Hardener, sediakan resin dalam wadah 200cc kemudian tambahkan hardener sekitar 5 tetes, aduk dengan seksama segingga hardener tercampur secara merata. Oleskan campuran resin tersebut ke seluruh body RC Boat yang telah diselubungi kain tipis, gunakan kuas halus dengan ukuran 1 inchi (1"). Angin anginkan ditempat teduh hingga resin kering dan keras. Hasil dari proses ini dapat dilihat pada gambar berikut.


Body RC Boat yang telah dilapisi resin



Body RC Boat yang telah dilapisi resin



Body RC Boat yang telah dilapisi resin

  • Ulangi bagian kedua untuk pelapisan bagian atas dari body RC Boat seperti pada gambar dibagian bawah ini. Oleskan lagi Resin polymer pada permukaan kain hingga merata.


Pelapisan body RC Boat bagian atas

NB: Perlu diperhatikan dalam pengolesan resin tersebut biasanya pada masa pengeringan akan mengalir/menetes, rapikan permukaan yang mengalir/menetes segera sebelum resin mengeras ., apabila telah keras maka resin sangat susah untuk dibersihkan atau di ratakan.

1 komentar:

  1. bang mw tanya untuk beli bahan2nya,resin dan hardener dimana ya,toko apa namanya,,thanks,saya jg kepingin buat neh.

    BalasHapus